Senin, 23 Desember 2013

Membuat Program penghitung LCD dengan menggunakan Codevision AVR


Pada posting kali ini, kita akan mencoba membahas pembuatan program dengan output menggunakan komponen LCD paralel yang dikendalikan dengan menggunakan mikrokontroler atmega 8535. Rencananya kita akan memunculkan penghitungan angka mulai dari 0 kemudian bertambah satu menjadi 2, 3, 4 dan seterusnya hingga mencapai angka 100. Selanjutnya kembali mengulang perhitungan dari awal lagi.

Sebelum kita melanjutkan membuat penghitung dari 0 sampai 100. Silahkan anda membuat rangkaian untuk mensimulasikan program ini dengan menggunakan proteus dari isis. Coba anda membuat rangkaian seperti tampak pada gambar dibawah ini.

kami membuat program ini secara sederhana tidak terlalu rumit, Bahasa pemrograman yang digunakan andalah bahasa C yang dikompail dengan menggunakan Codevision AVR (CAVR).


Prinsip kerjanya:

1. Pada saat program mulai bekerja, kita buat sebuah variabel yang fungsinya untuk menampung hasil perhitungan, saya misalkan disini sebagai varibel konter. 
2. variabel konter mulai menghitung mulai dari angka 0.
3. Kemudian isi varibel konter diinputkan ke layar LCD. Sehingga muncul bilangan 0 pada layar LCD. Selanjutnya kemudian nilai variabel konter ditambah satu.
4. Setelah penghitung konter mencapai nilai 101 maka konter. Maka konter melakukan perhitungan mulai dari awal lagi yaitu mulai dari nilai 0.

Demikianlah posting kali ini, tentang program penghitung LCD dengan menggunakan program CAVR. Untuk mendapatkan file programnya silahkan anda download di sini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar